Kalimat Mengandung Makna Ganda

Desember 11, 2009 at 3:00 am Tinggalkan komentar

Agar kalimat tidak menimbulkan tafsir ganda, kalimat itu harus dibuat selengkap mungkin atau memanfaatkan tanda baca tertentu. Untuk lebih jelasnya perhatikan data berikut.

  1. Dari keterangan masyarakat daerah itu  belum pernah diteliti.
  2. Lukisan Basuki Abdullah sangat terkenal

Pada kalimat (1) di atas terdapat dua kemungkinan hal yang belum pernah diteliti yaitu masyarakat di daerah atau daerahnya. Agar konsep yang diungkapkan kalimat itu jelas, tanda koma harus digunakan sesuai dengan konsep yang dimaksudkan. Kalimat (1) tersebut dapat ditulis sebagai berikut. (1a) Dari keterangan (yang diperoleh), masyarakat daerah itu belum pernah diteliti. (1b) Dari keterangan masyarakat, daerah itu belum pernah diteliti. Pada kalimat (2) terdapat tiga kemungkinan ide yang dikemukakan yaitu, yang sangat terkenal adalah lukisan karya Basuki Abdullah atau lukisan diri Basuki Abdullah atau lukisan milik Basuki Abdullah seperti yang terterang berikut: (2a) Lukisan karya Basuki Abdullah sangat terkenal. (2b) Lukisan diri Basuki Abdullah sangat terkenal. (2c) Lukisan milik Basuki Abdullah sangat terkenal.
Pemakaian tanda hubung juga dapat digunakan untuk memperjelas ide-ide yang diungkapkan pada frase pemilikan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan kalimat berikut. (3) Ani baru saja membeli buku sejarah baru. Kalimat (3) di atas mengandung ketaksaan yaitu yang baru itu sejarahnyakah atau  buku sejarahhnya yang baru.
Untuk menghindari ketaksaan makna, digunakan tanda hubung agar konsep yang diungkapkan jelas sesuai dengan yang dimaksudkan. Kalimat (3a) yang baru adalah sejarahnya. (3a) Ani baru saja membeli buku-sejarah baru. (3b) Ani baru saja membeli buku sejarah-baru.

Entry filed under: BAHASA, Sintaksis. Tags: .

Kalimat Dipengaruhi oleh Bahasa Asing dan Bahasa Daerah Kalimat Bermakna Tidak Logis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Desember 2009
S S R K J S M
     
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: